PENGERTIAN
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Manajemen Layanan
Sistem Informasi adalah suatu cara bentuk pengelolaan & pengaturan sistem
informasi(SI) yang secara terpusat pada perspektif konsumen di layanan SI
terhadap sebuah usaha atau bisnis perusahaan agar mampu termanajemen dengan
baik.
Manajemen Layanan
Sistem Informasi berpacu pada proses dan karena akan terkait dan memiliki minat
yang akan sama dengan kerangka kerja yang sudah ada dan metodologi gerakan
perbaikan proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb). Disiplin yang dibuat tidak
memperdulikan detail dalam menggunakan produk suatu pemasok tertentu atau
detail teknis suatu sistem yang sudah dikelola, dikarenakan berfokus pada upaya
penyediaan inti dari pengerjaan dimana untuk menstrukturkan aktivitas yang
terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel teknis TI dengan
pengguna teknologi informasi yang tersedia.
Manajemen Layanan
Sistem Informasi yang secara umum menangani permasalahan operasional pada manajemen
sistem informasi dan bukan pada pengembangan teknologi itu sendiri.
Contohnya, dalam proses
pembuatan software di komputer untuk dijual bukan salah satu fokus
dari disiplin, melainkan suatu sistem komputer yang digunakan oleh bagian
marketing dan pengembangan bisnis di perusahaan software lah yang merupakan
tujuan perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti diterapkan pada
industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan
sangat penting, walaupun tidak dikonsumsi langsung kepada konsumennya.
Manfaat
Manajemen Layanan Sistem Informasi
Manajemen
memiliki manfaat dalam pengembangan berbagai organisasi/instansi, baik swasta
maupun pemerintah. Menurut T. Hani Handoko ada tiga alasan utama mengapa
manajemen dibutuhkan.
- Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik oleh pribadi maupun perusahaan.
- Manajemen membantu keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
- Adanya manajemen akan berguna untuk mencapai efisiensi dan efektivitas serta menjaga keseimbangan dari berbagai tujuan dan aspek.
Manajemen Layanan
Sistem Informasi memiliki manfaat :
a.
Manajemen dalam layanan sistem informasi
dapat membantu mencapai tujuan yang disepakati bersama dalam perusahaan.
b.
Adanya pendayagunaan Teknologi Informasi
dalam kehidupan sehari-sehari untuk mencapai ke efektifan dan efesiensi dalam
semua aspek.
c.
Dalam manajemen ini dapat menyeimbangi
diantara tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Peranan
Manajemen Layanan Sistem Informasi
Bagi lingkungan sekitar
:
1. Mendukung dalam bidang bisnis
Penggunaan nya dapat membantu
pengerjaan bisnis yang berperan sebagai penunjang dalam kegiatan perusahaan. Biasanya
penggunaan nya secara rutin karena dapat menyeimbangi ke efektifan dan
efisiensi dalam produksi, melihat pasar dan menghitung keuntungan yang didapat.
2. Pengambilan Keputusan Managerial.
Dalam layanan sistem informasi dapat
berperan sebagai pengambil keputusan yang ringkas. Membantu manager dalam
sebuah perusahaan menjalankan proses bisnis yang telah ditetapkan.dan membantu
para manajerial mengetahui kecenderungan dan dapat mengevaluasi yang diperoleh
dengan menyatakan dengan suatu keputusan yang tepat,cepat dan kompetibel.
3. Keunggulan Strategis perusahaan
Peranan dalam strategi layanan
sistem informasi dapat membantu peningkatan strategi perusahaan dalam mengembangkan
di sektor internal maupun eksternal perusahaan. Dengan mengedepankan efesiensi
dan efektivitas penyelesaian nya.
4. Meningkatkan strategi yang sudah ada
dengan suatu layanan secara global
Berperan sebagai layanan sistem
informasi yang dapat mendukung suatu peningkatan strategi yang ada serta
menambahkan strategi baru yang mampu mengimbangi strategi yang sebelumnya ditetapkan.
5. Pengawasan
tingkat menengah setelah pengawasan secara manual
Layanan sistem informasi dapat
berperan sebagai pengawasan ekstra atau tambahan sebagai backup seluruh data di
perusahaan.
6. Perencanaan
strategi perubahan dan kebijakan (mengetahui selera konsumen, peluang pasar di
tempat lain)
Mampu merencanakan strategi dengan
baik dalam mengetahui selera konsumen, peluang-peluang yang ada secara merata
dan menyeluruh.
Sumber :
https://nuniknoviani.wordpress.com/2016/03/22/manajemen-layanan-sistem-informasi/
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus