Pages

Jumat, 01 April 2016

Manajemen Layanan Sistem Informasi

PENGERTIAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu cara bentuk pengelolaan & pengaturan sistem informasi(SI) yang secara terpusat pada perspektif konsumen di layanan SI terhadap sebuah usaha atau bisnis perusahaan agar mampu termanajemen dengan baik.
Manajemen Layanan Sistem Informasi berpacu pada proses dan karena akan terkait dan memiliki minat yang akan sama dengan kerangka kerja yang sudah ada dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb). Disiplin yang dibuat tidak memperdulikan detail dalam menggunakan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang sudah dikelola, dikarenakan berfokus pada upaya penyediaan inti dari pengerjaan dimana untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi yang tersedia.
Manajemen Layanan Sistem Informasi yang secara umum menangani permasalahan operasional pada manajemen sistem informasi dan bukan pada pengembangan teknologi itu sendiri.
Contohnya, dalam proses pembuatan software di komputer untuk dijual bukan salah satu fokus dari disiplin, melainkan suatu sistem komputer yang digunakan oleh bagian marketing dan pengembangan bisnis di perusahaan software lah yang merupakan tujuan perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti diterapkan pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan sangat penting, walaupun tidak dikonsumsi langsung kepada konsumennya.
Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi
Manajemen memiliki manfaat dalam pengembangan berbagai organisasi/instansi, baik swasta maupun pemerintah. Menurut T. Hani Handoko ada tiga alasan utama mengapa manajemen dibutuhkan.
  • Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik oleh pribadi maupun perusahaan.
  • Manajemen membantu keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
  • Adanya manajemen akan berguna untuk mencapai efisiensi dan efektivitas serta menjaga keseimbangan dari berbagai tujuan dan aspek.
Manajemen Layanan Sistem Informasi memiliki manfaat :
a.     Manajemen dalam layanan sistem informasi dapat membantu mencapai tujuan yang disepakati bersama dalam perusahaan.
b.     Adanya pendayagunaan Teknologi Informasi dalam kehidupan sehari-sehari untuk mencapai ke efektifan dan efesiensi dalam semua aspek.
c.      Dalam manajemen ini dapat menyeimbangi diantara tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi
Bagi lingkungan sekitar :
     1. Mendukung dalam bidang bisnis
Penggunaan nya dapat membantu pengerjaan bisnis yang berperan sebagai penunjang dalam kegiatan perusahaan. Biasanya penggunaan nya secara rutin karena dapat menyeimbangi ke efektifan dan efisiensi dalam produksi, melihat pasar dan menghitung keuntungan yang didapat.

     2. Pengambilan Keputusan Managerial.
Dalam layanan sistem informasi dapat berperan sebagai pengambil keputusan yang ringkas. Membantu manager dalam sebuah perusahaan menjalankan proses bisnis yang telah ditetapkan.dan membantu para manajerial mengetahui kecenderungan dan dapat mengevaluasi yang diperoleh dengan menyatakan dengan suatu keputusan yang tepat,cepat dan kompetibel. 


    3.  Keunggulan Strategis perusahaan
Peranan dalam strategi layanan sistem informasi dapat membantu peningkatan strategi perusahaan dalam mengembangkan di sektor internal maupun eksternal perusahaan. Dengan mengedepankan efesiensi dan efektivitas penyelesaian nya.

    4.  Meningkatkan strategi yang sudah ada dengan suatu layanan secara global
Berperan sebagai layanan sistem informasi yang dapat mendukung suatu peningkatan strategi yang ada serta menambahkan strategi baru yang mampu mengimbangi strategi yang sebelumnya ditetapkan.
  
     5. Pengawasan tingkat menengah setelah pengawasan secara manual
Layanan sistem informasi dapat berperan sebagai pengawasan ekstra atau tambahan sebagai backup seluruh data di perusahaan.

   6. Perencanaan strategi perubahan dan kebijakan (mengetahui selera konsumen, peluang pasar di tempat lain)
Mampu merencanakan strategi dengan baik dalam mengetahui selera konsumen, peluang-peluang yang ada secara merata dan menyeluruh.


Sumber :
https://nuniknoviani.wordpress.com/2016/03/22/manajemen-layanan-sistem-informasi/

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus