TEORI ORGANISASI UMUM 2
KOMUNIKASI
NAMA :
ARFIN FAJAR IBRAHIM
DEWI UTARI
MUHAMMAD ROCHIM
MUHHAMAD FAIZAL ASHAR
KOMUNIKASI
Pengertian Komunikasi
Secara etimologi komunikasi
berasal dari bahasa latin yakni communication yang artinya
"pemberitahuan" atau "pertukaran pikiran".
Komunikasi adalah proses pengiriman (sending) dan penerimaan (receiving) pesan ,ide , gagasan (informasi) antara dua individu atau lebih dengan cara yang efektif sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahaami.
Komunikasi adalah proses pengiriman (sending) dan penerimaan (receiving) pesan ,ide , gagasan (informasi) antara dua individu atau lebih dengan cara yang efektif sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahaami.
Arti Penting Komunikasi
Sebagai makhluk sosial, komunikasi
merupakan dasar bagi setiap orang untuk berinteraksi dengan orang lain, kita
akan selalu berkomunikasi dengan orang lain dimanapun kita berada baik lingkungan
perusahaan, pemerintahan, maupun swasta dan lingkungan social. Komunikasi antar
manusia bukan hanya saling berbicara, menyapa ataupun menulis, komunikasi
dimaksudkan tentang bagaimana kita memahami orang lain sebenarnya sehingga kita
bias saling memahami dan mengerti apa yang terjadi kebutuhan dan keinginan
orang lain kemudia dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.
JENIS KOMUNIKASI
Jenis-jenis
komunikasi yang berkembang ini perlu dipelajari dan diketahui
semua pihak untuk melancarkan proses bertukar pendapat. Selain itu dengan
mengetahui jenis-jenis komunikasi akan mempermudah cara penyampaian informasi
dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Komunikasi mempunyai 2 jenis yaitu
komunikasi berdasarkan media tutur dan komunikasi berdasarkan sifatnya.
1.
Jenis
Komunikasi Berdasarkan Media Tutur
jenis-jenis komunikasi berdasarkan
media tuturnya tersebut dapat dibagi menjadi :
a.
Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan secara langsung
adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap
muka secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi mereka.
Komunikasi lisan ini terjadi pada saat dua orang atau lebih saling berbicara/berdialog,
wawancara, rapat, berpidato.
Komunikasi lisan yang tidak
langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantaraan alat seperti
telepon, handphone, dan lain lain karena adanya jarak antara si pembicara
dengan lawan bicara.
b.
Komunikasi Tulisan
Komunikasi tulisan adalah
komunikasi yang dilakukan dengan perantaraan tulisan tanpa adanya pembicaraan
secara langsung dengan menggunakan bahasa yang singkat, jelas dan dapat
dimengerti oleh penerima. Komunikasi tulisan dapat berupa surat-menyurat, sms, e-mail dan
lain sebagainya.
Komunikasi tulisan juga dapat
melalui naskah-naskah yang menyampaikan informasi untuk masyarakat umum dengan
isi naskah yang kompleks dan lengkap seperti surat kabar, majalah, buku-buku.
Gambar dan foto pun dapat menyampaikan suatu komunikasi secara tulisan namun
tanpa kata-kata. Begitu pula dengan spanduk, iklan dan lain sebagainya.
2.
Jenis
Komunikasi Berdasarkan Sifatnya
Selain membedakan jenis komunikasi
berdasarkan media tuturnya, kita juga bisa membedakan jenis komunikasi berdasarkan
sifatnya. Yang dimaksud sifat di sini adalah tingkat keaktifan penutur pada
saat melakukan proses komunikasi dengan lwan tuturnya. Berikut adalah jenis
komunikasi dilihat secara sifatnya :
a.
Komunikasi Agresif
Komunikasi agresif adalah
komunikasi yang lebih didominasi oleh satu pihak, sedangkan pihak yang lainnya
hanya sebagai pendengar/pasif. Komunikasi agresif ini biasanya bersifat
mengendalikan lawan bicaranya.
Ciri-ciri komunikasi agresif
adalah:
1. Lebih menekankan pada kemauan/kehendaknya sendiri.
2. Bernada keras dan bermusuhan
3. Menginterupsi pembicaraan lawan bicaranya.
4. Menggunakan kata-kata yang memojokkan lawan bicara
5. Berargumentasi dengan berbagai cara agar apa yang dikemukakannya
menang.
b.
Komunikasi Pasif
Komunikasi pasif merupakan lawan
dari komunikasi agresif. Pelaku komunikasi pasif biasanya membiarkan dirinya
menjadi pendengar dan tidak mampu mempertahankan pendapatnya sendiri secara
langsung.
Ciri-ciri komunikasi pasif:
1. Lebih banyak mendengar dan tidak mengungkapkan apa keinginan atau
pikirannya.
2. Mengikuti kata-kata atau kemauan orang lain yang menjadi lawan
bicaranya untuk menghindari konflik atau keributan.
3. Minta maaf berlebihan.
4. Tidak biasa mengambil keputusan.
5. Tidak tahu apa yang sebenarnya diinginkannya.
c.
Komunikasi Asertif
Komunikasi asertif adalah
komunikasi dua arah, bersikap terbuka dan saling menghargai. Komunikasi secara
asertif ini tidak mementingkan dirinya sendiri namun memperhatikan pula apa
yang dibicarakan lawan bicaranya sehingga tercipta komunikasi yang saling
menjaga perasaan.
Ciri-ciri komunikasi asertif:
1. Saling terbuka dan jujur terhadap pendapat diri sendiri dan orang
lain.
2. Mendengarkan dan memahami pendapat orang lain.
3. Mencari solusi dan keputusan secara bersama-sama.
4. Menghargai pendapat orang lain dan juga diri sendiri. Walau timbul
konflik, komunikasi ini akan mencari solusi untuk menyelesaikan konflik
tersebut.
PROSES KOMUNIKASI
Proses Komunikasi adalah
bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya.
Proses komunikasi dapat dijelaskan
sebagai berikut ini. Sumber (komunikator) bermaksud menyampaikan gagasan
(informasi, saran, permintaan, dst.) yang ingin disampikan kepada penerima
dengan maksud tertentu. Untuk itu dia menterjemahkan gagasan tersebut
menjadi simbol-simbol (proses encoding) yang selanjutnya disebut pesan
(message). Pesan tersebut disampaikan melalui saluran (channel) tertentu
misalnya dengan bertatap muka langsung, telepon, surat, dst. Setelah pesan
sampai pada penerima, selanjutnya terjadi proses decoding, yaitu
menafsirkan pesan tersebut. Setelah itu terjadilah respon pada penerima pesan.
Respon tertuju pada pengirim pesan. Komunikasi sebagai proses dapat
divisualisasikan dalam bentuk bagan sebagai berikut.
Komunikasi Efektif
Komunikasi efektif (effective
communications) adalah komunikasi yang tepat sasaran, berhasil guna, atau
mencapai tujuan, menyampaikan informasi (to inform), menghibur (to entertain),
atau membujuk (to persuade).
Komunikasi adalah proses berbagi
(sharing) informasi, pemikiran, dan perasaan antara orang-orang melalui
pembicaraan (speaking), tulisan (writing), atau bahasa tubuh (body language).
Implikasi manajerial
Dalam kamus besar bahasa Indonesia
implikasi mempunya arti yaitu akibat.kata implikasi sendiri dapat merujuk ke
beberapa aspek salah satu aspek yang akan saya bahas kali ini implikasi
manajerial. Dalam manajemen sendiri terdapat 2 implikasi yaitu :
1. Implikasi
prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja
dan formulasi kebijakan
2. implikasi
kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.
Jadi implikasi manajerial memiliki
arti Proses Pengambilan Keputusan Partisipatif Dalam Organisasi
manajerial yang baik.
Pengertian dari implikasi manajerial
Implikasi Manajerial adalah bagaimana meningkatkan
produktifitas dengan cara meningkatakan kapasitas,kualitas, efisiensi dan
efektivitas dari sumber daya yang ada. apa impilikasi majaerial yang muncul
dari organisai tanpa batas memakai pengaturan yang mengelimnasi atau menghapus
halangan geografis artitisial. para manajer memilih pendekeatan ini dalam
rangka meningkatkan efisiensi dan efktivitas di pasar global yang kompetitif.
implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagimana mereka bisa
mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain , degan baik dengan cara
memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara tersebut. Jadi implikasi manajerial memiliki arti Proses Pengambilan Keputusan Partisipatif
Dalam Organisasi manajerial yang baik.
Refrensi :
Hardjana, Agus M.
(2003) Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.
Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi: Perspektif,
Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjadjaran
Wiryanto,Dr. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi.
Jilid I. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rohim,Syaiful.2009. Teori
Komunikasi: Perspektif,Ragam, & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta
Wikipedia. (2009)
“Communication” Tersedia pada:http://www.en.wikipedia.org
Wiki/communication. Diakses pada tanggal 21/10/2015 pada jam 15:56
Wiki/communication. Diakses pada tanggal 21/10/2015 pada jam 15:56
Tidak ada komentar:
Posting Komentar